by

Apple tak Lagi Merek Wearable Terbesar di Dunia

-i-Tech-358 Views
By Zahra

MOBERITA.COM – Persaingan produk teknologi informasi dan komunikasi global makin panas. Xiaomi kini telah menjadi penjual nomor satu wearable di seluruh dunia.

Menurut data dari analis pasar Canalys, Xiaomi telah mendorong Apple ke tempat kedua selama Q2 tahun ini, baik dari segi unit yang dikirim maupun pangsa pasar. Persaingan benar-benar ketat.

Xiaomi mengirim sekitar 8,0 juta perangkat, sedangkan produk Apple 7,9 juta. Pangsa pasar masing-masing sudah mencapai 19,6% dan 19,3%. Tentu saja perusahaan yang berbasis di Beijing, Cina, mengesankan karena mengalahkan Apple jelas tidak mudah.

Mengapa persaingan bisa dibilang sangat keras? Ya, karena perebutan market terpaut tipis. Huawei yang berada di posisi ketiga mampu meraih pangsa pasar 9,2%, Fitbit pada urutan keempat dengan 7,3%, dan dari Korea Selatan ada Samsung menempati posisi kelima dengan 6,1%.

Apple, bagaimanapun, mungkin tidak terlalu terganggu. Meskipun angka ini mungkin membuatnya Xiaomi terlihat menang, tetapi Apple mempunyai pengalaman yang tak bisa dikalahkan oleh provider lainnya.

Penjualan dan pangsa pasar Apple murni didorong oleh Apple Watch, sementara Xiaomi memiliki berbagai pelacak kebugaran, band pintar, dan jam tangan pintar yang berbeda, yang sebagian besar tidak bersaing dengan Apple Watch sama sekali. Xiaomi juga memiliki Redmi dan Huami, yang memproduksi sub-merek Amazfit dan Zepp, dan keduanya semakin meningkatkan jumlah totalnya.

Xiaomi memang mampu mengirimkan produk wearable mereka dengan baik, menempati posisi kelima dalam penjualan jam tangan global. Namun, Apple jauh di atas itu, menjadi pemimpin di market ini.

Bahkan, Apple benar-benar mendominasi pasar jam tangan global saat ini, dengan pangsa 31,1%, jauh di depan Huawei di tempat kedua dengan 18,9%, Garmin pada 9,8%, Samsung pada 5,2%, dan Xiaomi dengan 2,1% rendah.

BACA Juga  Tablet Belajar Khusus Anak, Pantau Aktivitas Digital Anak

Bagaimana kesuksesan Xiaomi bisa terjadi? Pasar wearable secara keseluruhan naik 5,6% pada angka tahun-ke-tahun selama periode ini, dengan perkiraan 40,9 juta perangkat dikirim secara keseluruhan. Tapi, itu juga bukti bahwa wearable Xiaomi adalah produk berharga murah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed