by

Kemendikbudristek-LPDP Luncurkan Program Riset Terapan Dosen Vokasi

-Kampus-503 Views

By Khanzalani

MOBERITA.COM – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal memperkuat kegiatan riset di perguruan tinggi vokasi dengan meluncurkan program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri untuk dosen di kampus vokasi. Pemerintah menyediakan anggaran Rp 25,5 miliar untuk mendukung program tersebut.

Program ini bagian skema pendanaan riset terapan yang bersumber dari dana abadi pendidikan pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Direktur Fasilitasi Riset LPDP Wisnu Sunarso menjelaskan, pihaknya akan terus menurus mendukung program penelitian vokasi. “Kita akan menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang ujung-ujungnya adalah untuk peningkatan daya saing. Semangatnya kita harus bersama-sama meningkatkan kemampuan dan kompetensi dosen vokasi,” ungkap Wisnu saat Peluncuran program ‘Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri-Dosen di Kampus Vokasi’ yang digelar secara daring, Rabu, 23 juni 2021.

Program ini, menurut Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto, sangat berkaitan dengan program matching fund yang mempertemukan periset-periset di perguruan tinggi vokasi dengan industri di platform Kedaireka. “Lalu kita perkuat lagi dengan dukungan LPDP ini,” katanya.

Program ini sebuah platform pengembangan ekosistem riset terapan yang bebrbasis pada pemenuhan demand driven. Semua kegiatan riset yang bakal didanai merupakan permintaan dari kebutuhan industri, pasar, atau masyarakat. “Filosofinya adalah riset yang start from the end,” ujar Wikan.

Output nantinya produk riil yang dibutuhkan masyarakat, juga produk yang menjawab persoalan industri. “Kalau dari masyarakat maka outputnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, kalau masuk indutsri harus jadi solusi yang mampu meningkatkan produktivitas industri. Sehingga industri dapat meningkat daya saingnya,” katanya. Bila berdasarkan kebutuhan pasar, outputnya adalah produk buatan dalam negeri yang dapat menjadi tuan rumah di negaranya sendiri atau produk yang dapat diekspor.

BACA Juga  PKSPL IPB University Berhasil Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Mandangin Madura

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed