by

Politeknik Manufaktur Astra Tawarkan Beasiswa

By Nanda

MOBERITA.COM – Politeknik Astra (Polman Astra) mengadakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023 melalui beberapa jalur seleksi. Yang menarik Polman Astra juga memberikan beasiswa sehingga mahasiswa tak terbebani biaya kuliah.

Tabel Jalur Seleksi PMB Politeknik Astra 
 

Jalur Seleksi Tanggal Mulai Tanggal Selesai
BEASISWA 01 Dec 2021 06 Feb 2022
GELOMBANG 1 01 Dec 2021 10 Feb 2022

 

Khusus untuk pendaftaran calon mahasiswa reguler akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250,000 dan untuk pendaftaran calon mahasiswa beasiswa tidak dipungut biaya pendaftaran. Pembayaran biaya pendaftaran ditujukan ke Bank Permata.

Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Permata (Virtual Account) dan Bank Lain (Internet Banking, ATM, Teller)

 

Persyaratan Program Beasiswa

  1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga.
  2. Lulusan SMA/SMK tahun 2021 atau saat ini sedang menempuh kelas XII (dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2021/2022 yang ditandatangani Kepala Sekolah).
  3. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi.
  4. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna.
    • Untuk pilihan program studi Mesin Otomotif (Peminatan Kendaraan Ringan), tidak memiliki masalah indra pendengaran.
    • Khusus untuk program studi Mesin Otomotif (Peminatan Alat Berat), tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm.
  5. Nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl berada pada rata rata minimal 75 (B) dan tidak ada nilai di bawah 75 (B), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.
  6. Menunjukkan bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa saat seleksi wawancara).
  7. Melakukan pendaftaran secara online.
  8. Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB.
  9. Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara).
  10. Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2021/2022 (surat diterbitkan bulan Februari 2022 dan dibawa saat seleksi wawancara).
  11. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.
  12. Diprioritaskan dari keluarga berpenghasilan maksimal 5 juta rupiah per bulan.

Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi.

Jadwal Seleksi

Berikut jalur pendaftaran dan tahapan seleksi PMB Politeknik Astra tahun akademik 2022/2023.

Jalur Seleksi Nama Seleksi Tanggal Mulai Tanggal Selesai Tanggal Pengumuman
BEASISWA ADMINISTRASI 01 Dec 2021 06 Feb 2022 08 Feb 2022
TES POTENSI AKADEMIK 12 Feb 2022 19 Feb 2022 22 Feb 2022
Jalur Seleksi Nama Seleksi Tanggal Mulai Tanggal Selesai Tanggal Pengumuman
REGULER GELOMBANG 1 ADMINISTRASI 01 Dec 2021 10 Feb 2022 11 Feb 2022
TES POTENSI AKADEMIK 12 Feb 2022 19 Feb 2022 22 Feb 2022

 

PANDUAN PENDAFTARAN BEASISWA
  • Panduan Pendaftaran Online Program Beasiswa Politeknik Astra bisa Anda download dari link berikut:

Klik di Sini untuk Download Panduan

 

 


SEKILAS Polman Astra

Politeknik Astra yang sebelumnya dikenal dengan nama Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) adalah institusi pendidikan tinggi strata pendidikan Diploma 3 yang berada di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), satu dari sembilan yayasan yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk. Politeknik Astra didirikan di Jakarta pada tahun 1995 oleh PT Federal motor yang saat ini bernama PT Astra Honda Motor (PT AHM) dengan nama Akademi Teknik Federal yang berada di bawah naungan Yayasan Federal Bina Ilmu, pada tahun 2001 berganti nama menjadi Politeknik Manufaktur Astra atau lebih dikenal dengan Polman Astra. Dan sejak 21 April 2021 Politeknik Manufaktur Astra resmi berganti nama  menjadi Politeknik Astra. Politeknik Astra memiliki visi menjadi institusi pendidikan tinggi vokasi terdepan dalam menghasilkan lulusan berkompetensi dengan standar internasional dan pengembangan teknologi terapan yang relevan dengan industry kini dan masa mendatang. Sedangkan misinya adalah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang mengimplementasikan pengembangan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat, menyiapkan lulusan yang berkompetensi dan memiliki daya saing global, berkarakter dan memiliki kutur pembelajaran seumur hidup untuk memberikan konstribusi terbaik bagi masyarakat dan industri, mengembangkan solusi teknologi unggul yang bermanfaat untuk mengembangkan kemajuan industri, menciptakan lingkungan pembelajaran kreatif yang mendorong pencapaian akademis yang unggul.

Saat ini Politeknik Astra memiliki 6 program studi antara lain Teknik Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (P4), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPPM), Manajemen Informatika (MI), Mesin Otomotif (MO), Mekatronika (MK) dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (TKBG).

Sejak tahun 2009 sebagai bagian dari program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, Politeknik Astra hingga saat ini  telah memberikan kesempatan kepada lebih dari 800 mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa melalui Program Beasiswa Prestasi Astra, dan tahun 2021 ini disalurkan total Beasiswa Astra sebesar Rp. 8,6 Milyar. Proses seleksi dijalankan dengan ketat agar memastikan pemberian beasiswa ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan.

Sejak tahun 1995 hingga saat ini, Politeknik Astra telah meluluskan 3.851 Ahli Madya Teknik dan berkontribusi signfikan bagi perkembangan industri di Indonesia, khususnya di Grup Astra dengan menghasilkan lulusan dengan kompetensi teknikal yang tinggi yang dibutuhkan industri. Grup Astra menyerap alumni Politeknik Astra sekitar 55% pada 5 tahun terakhir.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed