Friday, June 14 2024

Air Dingin Vs Air Hangat – Mana yang Harus Anda Minum?

Estimated read time 4 min read
MOBERITA.COM – Pada musim panas di negara dengan empat musim, banyak orang lebih suka menambahkan air dingin ke air biasa bersuhu ruangan untuk menghilangkan dahaga. Namun dokter tidak menyarankan minum air dingin tidak peduli seberapa Anda menginginkannya. Faktanya, mereka berpendapat sebaliknya. Minumlah air yang suam-suam kuku. Anda mungkin pernah melihat orang-orang yang sangat sadar akan kesehatannya memilih air hangat daripada air dingin. Mereka, seperti dilansir pharmeasy, melakukannya karena air hangat menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Minum Air Hangat

Air sendiri mempunyai segudang manfaat. Ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindungi Anda dari sejumlah penyakit. Namun bila sedikit hangat, manfaatnya bertambah berlipat ganda-

  1. Minum air biasa yang suam-suam kuku mempercepat pencernaan. Ini dapat dengan cepat memecah partikel makanan dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Minum banyak air hangat akan memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi.
  2. Air hangat berperan penting dalam mencegah sembelit yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lain seperti ambeien dan wasir.
  3. Saat Anda minum air hangat, tubuh Anda memanas. Ini berarti metabolisme Anda juga dipercepat. Metabolisme yang lebih cepat berarti kemampuan tubuh Anda untuk memanfaatkan energi yang dilepaskan dari pemecahan makanan meningkat.
  4. Air hangat membuat Anda banyak berkeringat. Semakin banyak Anda berkeringat, semakin banyak pula kemampuan tubuh Anda mengeluarkan racun melalui keringat.
  5. Air hangat sedikit memperbesar pembuluh darah Anda. Ini meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik. Lebih banyak oksigen mencapai seluruh bagian tubuh Anda dan semua organ berfungsi lebih baik.
  6. Karena air hangat meningkatkan sirkulasi darah, maka dapat meredakan nyeri, terutama nyeri otot dan sendi. Namun jangan minum air yang terlalu panas karena akan berdampak sebaliknya dan membuat persendian Anda membengkak.
  7. Air rebusan yang sudah dingin dan sedikit hangat juga dapat meredakan masalah sinus saat Anda sedang terserang flu parah. Ini membuat lendir bergerak, yang berarti tubuh Anda dapat membuangnya melalui batuk dan membuang ingus.
  8. Alasan lain kenapa sebaiknya minum air rebusan yang sedikit lebih hangat dari suhu ruangan adalah karena dapat menghilangkan stres.

Tahukah Anda bahwa air panas dapat bermanfaat untuk lebih banyak kegunaan daripada yang Anda ketahui. Menurut beberapa penelitian, minum kopi panas dalam jumlah sedang dapat meningkatkan harapan hidup dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, dll. Namun, konsumsi kopi berlebihan tidak dianjurkan.

Dr. Siddharth Gupta, BAMS, MD

Tahukah kamu?

  • Perendaman dalam air dingin dapat menimbulkan respons vasodilatasi dingin (CIVD) di tangan dan kaki.
  • Perendaman dalam air dingin dapat mengurangi dan mengubah jaringan adiposa tubuh, sehingga berpotensi melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan metabolisme.
  • Perawatan air panas mungkin bermanfaat untuk pengobatan bisul kulit.
  • Pengolahan air panas menyebabkan peningkatan ekspresi MMP-2 dan MMP-9 pada luka kulit.
  • Mata air panas buatan memiliki efek terapeutik yang serupa dengan mata air panas alami.

Waktu terbaik untuk minum air hangat

Salah satu waktu terbaik untuk minum segelas air hangat adalah segera setelah Anda bangun tidur. Waktu membantu Anda memulai metabolisme Anda lebih awal. Waktu bermanfaat lainnya untuk minum air hangat adalah saat Anda makan. Ini dapat membantu menjaga semuanya tetap cair dan memastikan organ dalam Anda dalam kondisi yang baik. Terakhir, Anda dapat meminum segelas kapan saja karena membantu aliran dan sirkulasi darah secara keseluruhan.

Sakit kepala es krim adalah jenis sakit kepala yang sangat terkenal. Sakit kepala akibat es krim dan sakit kepala akibat rangsangan dingin biasanya diikuti oleh migrain. Penelitian menunjukkan bahwa minum air dingin dapat memicu sakit kepala dan migrain adalah salah satu penyakit yang paling banyak diamati, terutama pada wanita.

Dr Rajeev Singh, BAMS

Manfaat minum air dingin

Mungkin manfaat terpenting yang bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi segelas air dingin adalah membantu menurunkan suhu tubuh. Hal ini terjadi terutama ketika Anda berada dalam situasi berikut:

  • Ketika dunia luar seakan-akan berada di dalam panci yang mendidih, air dingin bisa menjadi penawar sempurna terhadap panas yang mendidih.
  • Setelah mengeluarkan keringat karena berolahraga, air dingin bisa menjadi minuman yang menyegarkan.
  • Minum air dingin dapat membantu Anda membuang zat asing yang mungkin menyerang tubuh sehingga menyebabkan demam.
  • Mengonsumsi air dingin mengurangi kemungkinan berkeringat dan karenanya mencegah tingkat dehidrasi yang lebih besar.
  • Air juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kilogram karena air telah dikenal sebagai penambah metabolisme yang hebat.

Waktu terbaik untuk minum air dingin

Berdasarkan manfaat-manfaat di atas, dapat dikatakan bahwa waktu terbaik untuk minum air dingin adalah ketika Anda sedang berusaha menurunkan suhu inti tubuh. Waktu lain termasuk ketika Anda sedang menderita demam parah atau Anda ingin menghilangkan dahaga setelah sesi olahraga.

Air Dingin Mungkin Memberi Anda Istirahat Sementara Dari Panas Tapi Lebih Banyak Bahayanya Daripada Manfaatnya-

  1. Ini memperlambat pencernaan dan memengaruhi laju metabolisme Anda.
  2. Hal ini kemungkinan besar akan menyebabkan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.
  3. Ini menurunkan detak jantung Anda.

Inilah alasan mengapa Anda harus selalu memilih air yang sedikit hangat, tidak peduli betapa menariknya air dingin. Jika air hangat kurang menggugah selera, Anda bisa menambahkan air jeruk nipis atau herba seperti tulsi untuk meningkatkan rasanya.

 

 

 

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

sehat, kesehatan, seledri, manfaat seledri, khasiat seledri, antioksidan, sayur, sayuran, sayur-sayuran, jus seledri

Seledri, Sayuran Kaya Nutrisi

Denso, anak usaha Toyota, pabrik suku cadang kendaraan, otomotif

Toyota akan Jual Saham Denso Senilai $4,7 Miliar untuk Dorong Penggerak Kendaraan Listrik