by

Kerajaan Arab Saudi akan Bangun Pusat Regional Perikanan

By Nanda

MOBERITA.COM – Arab Saudi sedang bekerja keras untuk mendirikan pusat regional perikanan. Menteri Lingkungan, Air, dan Pertanian Saudi Abdulrahman Al-Fadley menyatakan, proyek tersebut sebagai bagian dari tujuan yang lebih besar untuk mendiversifikasi ekonomi dan mengatasi ketahanan pangan.

Al-Fadley menuturkan, pemerintah tertarik untuk mengembangkan budidaya ikan, menggambarkannya sebagai salah satu sektor pangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. “Kami telah menciptakan inisiatif yang melibatkan sektor swasta dalam mengembangkan sektor ini,” katanya saat membuka Konferensi Kelautan dan Pameran Internasional di Riyadh, Ahad (30/1/2022).

Al-Fadley yang juga mengepalai Program Pengembangan Perikanan Nasional, mengatakan investasi di bidang perikanan juga sejalan dengan upaya Kerajaan untuk mengatasi ketahanan pangan, yang merupakan masalah umum di seluruh Teluk. “Kami sedang berupaya membangun pusat perikanan regional, dan mendirikan akademi yang didedikasikan untuk perikanan,” tambah Al-Fadley. Salah satu proyek yang sedang dikerjakan Pemerintah Saudi adalah pengembangan rumput laut.

Manuel Barage, direktur divisi perikanan dan akuakultur dari unit Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, menyoroti peran penting yang dapat dimainkan Kerajaan di wilayah tersebut. Dia mengatakan Kerajaan memproduksi 49 persen dari total akuakultur di seluruh Teluk, menambahkan bahkan adalah peluang besar untuk memanfaatkan ini.

BACA Juga  Perluas Akses Pasar, Kemenperin Fasilitasi Kemitraan IKM dengan Perhotelan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed