Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan

Estimated read time 7 min read

MOBERITA.COM – Kebutuhan akan gaya hidup seimbang dengan konsumsi makanan sehat yang cukup dan olahraga teratur berada pada puncaknya saat ini. Meningkatnya jumlah masalah kesehatan dan penyakit yang muncul secara tiba-tiba telah membuat masyarakat semakin peduli dengan apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka dan apa manfaatnya bagi mereka.

Untuk pikiran dan tubuh yang sehat serta gaya hidup yang bugar, tataaig menulis, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup dalam makanan Anda adalah rekomendasi umum dari sebagian besar dokter. Selain buah-buahan biasa seperti apel, pisang, jeruk, delima, melon, kiwi, dll, ada buah lain yang sedang tren di pasaran.

Buah ini adalah jambu air. Ini adalah buah kecil lezat yang manis dan tinggi nutrisi, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk diet harian Anda. Buah ini ditemukan di berbagai wilayah Asia Tenggara. Banyaknya manfaat buah jambu air menjadikannya pilihan tepat!

Blog ini akan membahas kegunaan jambu air, manfaat, efek samping, dan lainnya.

Apa itu Jambu Air?

Pir tropis atau buah berbentuk bulat dengan warna merah jambu dan merah, jambu air adalah buah yang kurang populer namun bergizi tinggi. Ini adalah anggota keluarga tumbuhan yang disebut Myrtaceae.

Nama lain dari air apel antara lain Malabar plum, rose apple, wax apple, dan plum rose.

Produk ini tidak begitu populer di seluruh dunia namun merupakan pilihan utama bagi orang-orang yang tinggal di berbagai wilayah tropis karena membantu dalam menerapkan gaya hidup sehat dan sadar. Rasanya agak manis dengan aroma mawar yang ringan.

Hal ini banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan seperti Thailand, Malaysia, India, dll. Beberapa obat juga mengandung unsur jambu air karena kaya rasa dan kandungan nutrisinya.

Nilai Gizi Jambu Air

Mengenai nilai gizi buah jambu air, per 100 gramnya kandungan energinya adalah 25 kilokalori.

Selain itu, unsur lain dari jambu air antara lain serat, karbohidrat, protein, vitamin A, B1, B2, dan B3, serta mineral.

Daftar bahan berikutnya termasuk tembaga, seng, mangan, magnesium, kalsium dan lemak.

Apel air sangat rendah kalori dan mengandung hampir 90% air, menjadikannya sumber nutrisi yang baik tanpa asupan kalori tinggi.

Cara Memasukkan Jambu Air ke dalam Diet

Jambu air adalah bagian dari kelompok buah sehingga dapat ditambahkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang umum dilakukan antara lain sebagai berikut:

Apel air bisa dimakan mentah sebagai camilan atau camilan.

Dapat ditambahkan ke salad buah segar apa pun untuk memberi warna, rasa, dan menambah nutrisi.

Bagi anak-anak, makan apel air mungkin tidak menyenangkan. Di sini, mereka dapat dengan mudah direduksi menjadi jus dan jeli yang lebih mudah dikonsumsi.

Selai apel air juga populer untuk sarapan.

Karena rasanya yang manis, orang juga menikmati memakannya sebagai makanan penutup cepat saji yang sehat setelah makan.

Manfaat Kesehatan Utama dari Jambu Air

Sebagai buah, apel air kaya akan rasa dan manfaat kesehatan. Semua manfaat jambu air yang berbeda menargetkan berbagai aspek tubuh manusia, memastikan pendekatan menyeluruh terhadap gaya hidup yang lebih baik dan sehat.

Manfaat utama apel air untuk kesehatan Anda adalah sebagai berikut:

Manfaat Jambu Air untuk Kulit

Dengan polifenol dan vitamin C, apel air melindungi kulit dari polutan dan partikel eksternal. Hal ini memastikan kulit bersinar alami dan awet muda dengan kemampuan perlindungan yang diperlukan. Selain itu, kemampuan menghidrasi dari apel air menjaga kelembapan kulit sepanjang hari, menonjolkan tekstur kulit yang lembut dan kenyal.

Manfaat Jambu Air untuk Diabetes

Menurut penelitian ilmiah, apel air kaya akan sifat antihiperglikemik yang menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes dapat mengonsumsi buah ini secara rutin atau sesuai anjuran dokter.

Dengan bantuan sifat antihiperglikemik dan nilai glikemik rendah 2, jambu air memperlambat proses pemecahan gula makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Manfaat Jambu Air untuk Hidrasi

Tingginya kandungan air pada jambu air secara langsung meningkatkan asupan air dalam tubuh, meski dengan asupan langsung yang dibatasi. Hal ini memastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, yang penting untuk menghindari kekeringan, dehidrasi, kelelahan, dll.

It further helps replenish the fluids lost and keeps the body cool during high temperatures in the summer.

Water Apple Benefits for Metabolism

Water apples aid in the overall digestion process of the body. This is because they help break down and digest different nutrients better, directly impacting the body’s metabolism rate. With this increased metabolic rate, the body is encouraged to develop healthy food habits, resulting in effective weight management.

Manfaat Jambu Air untuk Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat utama jambu air adalah dampaknya terhadap sistem kekebalan tubuh. Buah ini kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin C, yang meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

Selain itu, ini meningkatkan kapasitas fungsionalitas sel darah putih yang ada, meningkatkan tingkat kekebalan secara signifikan. Untuk masalah pilek dan batuk yang umum, mengonsumsi apel air secara teratur adalah obat rumahan yang bisa meredakannya.

Beberapa Khasiat Jambu Air Lainnya

Apel air kaya akan antioksidan, menjadikannya buah yang cocok untuk melindungi tubuh dari polutan udara dan masalah terkait zat beracun lainnya yang dapat menarik banyak penyakit.

Apel air mengandung kadar air yang tinggi dan rendah lemak serta karbohidrat, menjadikannya tambahan yang sehat untuk diet. Buah-buahan ini membantu menurunkan kadar kolesterol, yang dapat memicu penyakit berbahaya dan stroke.

Niacin juga terdapat dalam apel air dan bertanggung jawab untuk memantau dan mengelola kolesterol tubuh. Buah ini meningkatkan produksi kolesterol HDL yang baik dan sehat sehingga membuat tubuh lebih bugar. Apel air juga mengandung vitamin B3 yang membantu meningkatkan produksi kolesterol baik dalam tubuh.

Kadar potasium dan air yang tinggi dalam apel air juga membantu meredakan ketidaknyamanan akibat ketegangan otot dan kejang.

Kandungan serat yang tinggi pada buah ini memastikan pencernaan berbagai jenis makanan lebih baik, meminimalkan ketidaknyamanan sembelit. Namun, jangan berlebihan dengan mengonsumsi lebih dari 1 buah jambu air setiap hari, karena dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan.

Potensi Efek Samping Jambu Air

Seiring dengan banyaknya manfaat jambu air, penting untuk mewaspadai potensi efek samping jambu air untuk memastikan Anda mengonsumsinya dengan benar.

Kebanyakan dokter dan ahli gizi mengatakan apel air adalah buah yang aman untuk dikonsumsi secara rutin. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi jambu air, terutama dengan kulitnya, dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan.

Hal ini dikarenakan buah ini tinggi serat. Oleh karena itu, konsumsi serat yang berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti sembelit, kembung, keasaman, dan, dalam beberapa kasus, diare.

Kesimpulan

Dengan meningkatnya kesadaran akan banyaknya manfaat pola makan sehat, memahami peran apel air dalam mencapai tujuan nutrisi harian Anda sangatlah penting. Dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti sebagai camilan, bagian dari salad, atau mentah saja.

Apel air dapat membantu mengatasi banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi secara teratur, seperti kekebalan dan metabolisme yang lebih baik, hidrasi yang konstan, penurunan kadar gula, dll.

Pikiran dan tubuh yang sehat adalah prioritas utama setiap orang. Namun, ketidakpastian hidup kadang-kadang bisa membebani secara emosional dan finansial dalam beberapa keadaan. Dalam situasi seperti itu, rencana asuransi kesehatan membantu dengan dukungan finansial melalui fleksibilitas penyesuaian pertanggungan.

Banyak polis asuransi kesehatan tersedia saat ini untuk memenuhi kebutuhan spesifik individu. Dengan jaring pengaman yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan apa pun, Anda dapat dengan mudah menjaga masa depan diri sendiri dan orang yang Anda cintai.

Salah satu manfaat utama polis asuransi kesehatan adalah fleksibilitas cakupan dan berbagai fitur tambahan untuk membantu setiap orang menanggung beban keuangan biaya pengobatan dan rumah sakit.

Nilai gizi jambu air adalah sebagai berikut:

Komponen Nutrisi Nilai/ 100 gram
Energi 25 kkal
Karbohidrat 5,7 gram
Protein 0,6 gram
lemak 0,3 gram
Kalsium 29mg
Magnesium 5mg
Besi 0,07 mg
Kalium 123mg
Fosfor 8mg
Seng 0,06mg
mangan 0,029mg
Tembaga 0,016mg
Vitamin B1 0,02mg
Vitamin B2 0,03mg
vitamin B3 0,8 mg
vitamin A 17 mikrogram

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours