Toyota akan Jual Saham Denso Senilai $4,7 Miliar untuk Dorong Penggerak Kendaraan Listrik

Estimated read time 2 min read

MOBERITA.COM – Toyota dan perusahaan afiliasinya akan menjual sekitar 700 miliar yen (US$4,7 miliar) saham pemasok suku cadang otomotif Denso. Penjualan tersebut, setara dengan sekitar 10 persen saham Denso, akan membuat Toyota mempertahankan posisinya sebagai pemangku kepentingan terbesar meski telah mendivestasi sekitar setengah sahamnya. Toyota Industries dan Aisin, anak perusahaan produsen mobil tersebut, akan berkontribusi dalam penjualan saham tersebut.

Denso, sebagai respons terhadap penjualan saham yang akan terjadi, berencana membeli kembali sebagian saham yang dijual untuk mencegah penurunan harga saham secara signifikan. Namun, laporan awal telah menyebabkan penurunan saham Denso sebesar 4,9 persen.

Per September, Toyota memegang 24,2 persen saham Denso. Bahkan dengan transaksi ini, yang mengurangi kepemilikannya sekitar lima persen, Toyota diperkirakan akan tetap menjadi pemegang saham utama di perusahaan tersebut.

Meskipun Toyota belum secara resmi mengungkapkan alasan di balik tindakan ini, analis industri berspekulasi bahwa langkah tersebut bertujuan untuk menghasilkan modal guna mendukung peningkatan fokus produsen mobil tersebut pada produksi kendaraan listrik (EV). Toyota banyak berinvestasi dalam teknologi kendaraan listrik, termasuk penerapan gigapress baru dan pengembangan kendaraan listrik jarak jauh yang dilengkapi teknologi canggih seperti baterai solid-state. Upaya padat modal ini melibatkan biaya penelitian dan pengembangan yang besar serta pergantian produksi.

Jika disetujui, transaksi ini akan menandai penawaran saham terbesar kedua di Jepang tahun ini, setelah penjualan saham Japan Post Bank, dan merupakan transaksi paling signifikan dalam industri otomotif dalam lebih dari satu dekade. Perkembangan ini sejalan dengan strategi Toyota yang lebih luas dalam mendiversifikasi portofolio kendaraannya dengan memasukkan kendaraan hibrida dan hidrogen sekaligus meningkatkan posisinya di pasar kendaraan listrik yang kompetitif.

 

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours